Ad Unit (Iklan) BIG

Di Festival Literasi, Pj Wali Kota Sukabumi Berharap Sukabumi Jadi Kota Literasi

Posting Komentar



Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menghadiri Festival Literasi dengan tema Hayu babarengan, urang ka Pabukon di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Sukabumi, Rabu (27/9/2023).

Dalam momen tersebut Pj Wali Kota mendorong Sukabumi jadi kota literasi yang warganya gemar membaca. Hadir dalam momen itu Pj Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Sukabumi Diana Rahesti Hartadji dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Galih Marelia Anggraeni.

'' Literasi tidak lagi terbatas dimaknai kemampuan individu dalam menulis dan membaca,'' ujar Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. Tapi literasi dimaknai kemampuan individu mengolah informasi dan pengetahuan yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan dihadapi guna meningkatkan kesejahteraan.

Literasi kata Kusmana, jadi sarana meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih baik. Harapannya perpustakaan basis ilmu pengetahuan berperan penuh membangun Sukabumi literat.

Kusmana mengatakan, ada edukasi dan ada literasi. Edukasi meningkatkan pengetahuan dan lebih mendalam literasi.

Berharap kata Kusmana, dengam festival literasi semua warga semangat literasi sehingga makin banyak masyarakat teredukasi. Terutama generasi muda generasi penerus bangsa dalam membangun karakteristik.


'' Saya berharap generasi muda yang di Sukabumi 50 persen usia penduduk di bawah 30 tahun dapat membangun literasi,'' kata Kusmana. Literasi sangat penting jadi modal dalam memilah mana yang positif dan mana negatif.

'' Saya bangga dengan festival bisa mengantisipasi tantangan era globalisasi dan bonus demografi,'' ungkap Kusmana. Keberhasikan suatu bangsa ditentukan kualitas generasi bangsa ditentukan generasinya. 

Kesadaran literasi terang Kusmana, menggunakan teknologi dengan baik dan bijak. Jadi digitalisasi bukan lagi pilihan tapi sudah kewajiban, siapa yang meniggalkan digitalisasi akan tertinggal.

Melalui festival ini lanjut Kusmana, semangat berkreasi ciptakan inovasi baru. '' Sukseskan Kota Sukabumi kota literasi, tetap semangat dan bahagia,'' katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Sukabumi Galih Marelia Anggraeni mengatakan, sasaran strategis kegiatan ini meningkatkan budaya literasi dan perpustakaan. '' Kegiatan ini puncak festival literasi yang dimulai awal 2023,'' jelasnya.

Targetnya membudayakan gemar membaca, minat dan kegemaran membaca. Dalam upaya mewujudkan Sukabumi kota literasi.

Misalnya pemilihan duta baca, lomba story telling, lomba desain cerita dongeng online, lomba menulis cerpen, video promosi kecamatan dan kelurahan.

Kang Warsa
Sering menulis hal yang berhubungan dengan budaya, Bahasa, dan kasukabumian.

Informasi Lainnya

Posting Komentar

Berlangganan